-->

Awas! Olahraga Berlebihan Bisa Menyebabkan Kematian

Awas! Olahraga Berlebihan Bisa Menyebabkan Kematian

Awas! Olahraga Berlebihan Bisa Menyebabkan Kematian
Dari HELLO SEHAT
BacaGie - Semacam yang Kamu tahu, manusia yang rajin berolahraga tentunya bakal mempunyai tubuh yang sehat, bugar dan bahkan didapuk bisa mempunyai usia yang panjang. Tidak jarang, tidak sedikit orang berlomba-lomba untuk rajin berolahraga, dari mulai olahraga yang ringan hingga yang berat. Tetapi, apa Kamu sempat mendengar olahraga berlebihan bisa menyebabkan kematian? Ya, ternyata olahraga yang Kamu jalani apabila diperbuat dengan cara berlebihan bisa menyebabkan kematian. Penasaran? Yuk, simak berbagai penyebab kematian dari olahraga berlebihan.
Olahraga berlebihan bisa menyebabkan rhabdomyolysis

Apa itu rhabdomyolysis? Rhabdomyolysis adalah suatu kondisi yang terjadi saat otot mengalami kerusakan. Kerusakan ini melepaskan pigmen mioglobin dari otot ke dalam darah. Ginjal dalam kondisi normal biasanya menyaring pigmen dari darah. Tetapi zat dari kerusakan otot bisa membahayakan ginjal sebab menghalangi struktur penyaringan mereka. Terjadilah gagal ginjal dan ginjal bakal mengeluarkan zat limbah beracun ke dalam darah.

Dengan olahraga berlebihan, otot Kamu bisa mengalami stress, dan bisa mengangkat otot Kamu ke titik di mana otot sangatlah mulai mati rasa kepada kondisi medis yang serius ini. Tutorial mengobati rhabdomyolysis adalah dengan meperbuat hidrasi intravena untuk mencairkan kadar kalium darah dan untuk menyiram gumpalan myoglobin dari ginjal. Pada bagian akut, jantung Kamu bakal berisiko terkena serangan jantung mendadak.
Kematian akibat serangan jantung saat berolahraga

Pada dasarnya olahraga sangat baik untuk kesehatan jantung. Tapi sering kali, tidak sedikit orang yang tidak memerhatikan kesehatan jantungnya, ditambah orang tersebut sering meperbuat olahraga dengan cara berlebihan dan bisa menyebabkan aritmita pada jantung.

Harvard Alumni Health Study menemukan, risiko penyakit jantung mulai turun ketika Kamu berolahraga mengeluarkan lebih dari 500 kalori seminggu dan semakin menurun hingga Kamu memperoleh 2.000 kalori seminggu. Maka lebih olahraga berlebihan tidak memperkenalkan perlindungan yang lebih pada kesehatan jantung.

Ketika seseorang berolahraga dengan ekstra, baik di treadmill, alias tempat olahraga lainnya, ini malaj bisa meningkatkan risiko kepada serangan jantung mendadak pada berbagai orang tertentu. Mayoritas orang yang mengalami kematian akibat serangan jantung akibat olahraga berlebih adalah orang yang berumur di atas 35 tahun, alias bisa dibilang telah tidak muda lagi. Mengapa demikian? Pada dasarnya, mereka meperbuat olahraga hanya baru-baru saja, alias hanya ketika mereka sadar usia mereka butuh olahraga.

Nah, ketika mereka telat sadar bakal pentingnya olahraga, mereka juga lupa bakal mengecek kondisi kesehatan, jantung, tekanan darah maupun kolesterol dalam tubuh jadi tidak mengenal bahwa mereka mempunyai bibit penyakit jantung yang berbahaya apabila meperbuat olahraga berlebihan.

Berbagai trik olahraga yang benar :

1. Jangan berlebihan saat meperbuat olahraga


Olahraga pada dasarnya sangat baik untuk kesehatan, bahkan bisa berakibat baik bagi jantung. Tetapi sebaiknya tidak butuh berolahraga terlalu berlebih. Meningkatkan frekuensi seringnya berolahraga mungkin bakal lebih berguna daripada meningkatkan risiko terkena serangan jantung saat berolahraga terlalu keras, tergolong olahraga angkat beban alias aktivitas berat yang bisa mencederai otot.

2. Jangan meremehkan kondisi kesehatan


Apabila sehabis olahraga Kamu merasa mual, pusing, sesak napas, dada sakit bahkan muntah, baiknya Kamu segera mencari pertolongan pertama ke klinik alias puskemas terdekat. Gejala tersebut bisa jadi adalah tanda serangan jantung mendadak, yang tentunya bisa mengakibatkan kematian. Butuh diingat sebab jantung juga tersusun dari otot, kerusakan yang terjadi pada jantung bisa menjadi permanen bila tidak segera ditangan.

Anda juga bisa mengunyah aspirin sembari menantikan penanganan datang. Aspirin berkegunaaan untuk memecah gumpalan darah yang menghambat pemompaan darah ke jantung.

3. Lebih baik berolahraga di pagi hari


Mengapa lebih baik di pagi hari? Tidak hanya udara tetap sejuk dan leluasa polusi, berolahraga pada pagi hari bisa menjaga ritme untuk istirahat pada malam hari. Kegunaaan olahraga pada pagi hari juga bakal menjadikan pikiran manusia lebih tajam selagi 4 hingga 10 jam, dan lebih segar. Bahkan meperbuat olahraga pada pagi hari bakal meningkatkan nilai tidur yang juga bakal mempengaruhi berat badan anda. Tidak hanya itu, memilih jadwal olahraga yang benar pada pagi hari juga bakal meningkatkan mood dan mengendalikan nafsu makan.

Itulah mengapa berolahraga pada pagi hari adalah waktu yang baik untuk membakar kalori menurunkan berat badan. Hindari berolahraga malam hari, sebab bakal menyebabkan kelelahan luar biasa usai beraktivitas seharian, dan sering memunculkan serangan jantung mendadak.
Advertisement // kode Iklan yang sudah diparse, letakkan disini

Share this

Kumpulan artikel yang didapat dari berbagai sumber yang ada di media online terupdate.

Previous
Next Post »

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.