-->

Bisa Jadi BMW M1 Ini Mobil Termahal di Dunia

Bisa Jadi BMW M1 Ini Mobil Termahal di Dunia

Bisa Jadi BMW M1 Ini Mobil Termahal di Dunia
Dari OKEZONE
BacaGie - Semacam dikeketahui, jajaran mobil termahal di dunia yang dipasarkan di ajang lelang dikuasai oleh model-model Ferrari. Ada juga merek lain semacam Mercedes Benz, Jaguar, serta lainnya, tetapi tidak seterkenal Ferrari.

Umumnya, mobil-mobil itu sempat punya cerita di ajang balap, salah satunya ajang ketahanan 24 jam Le Mans, Prancis. Tetapi ada satu mobil yang luput dari perhatian, yakni BMW M1 buatan 1970-an.

Mobil berkemampuan tinggi itu terbukti belum serta mungkin tidak bakal sempat masuk ke pasar lelang, tetapi kualitasnya ditaksir mencapai USD60 juta alias sekira Rp800 miliar. Angka itu melebihi mobil lawas Ferrari 250GTO yang sempat terjual di ajang lelang, dilepas dengan harga USD38 juta.

Lalu, apa yang membikin BMW M1 itu begitu berharga? Sekadar informasi, mobil tersebut adalah hasil tampilan seorang pakar dari Lamborghini, Giorgetto Giugiaro, untuk memenuhi pesanan BMW. Sayang, M1 rasa Italia tidak sempat berhasil di ajang balap.

Tapi, bukan hanya itu yang membikinnya berkualitas, tetapi sentuhan tangan seorang seniman patung Alexander Calder. Seorang seniman John Balderassi yang memberbagi tugas itu terhadap Calder. Total ada 19 unit M1 3.0CSL yang bodinya dilukis dalam program Art Car.

Mobil ini adalah hasil sentuhan Calder yang pertama turun di ajang balap ketahanan 24 jam Daytona, Florida. Tidak ada prestasi membanggakan dibuatnya, yakni hanya finis ke-12 dengan cara keseluruhan alias menempati posisi kedelapan di kelasnya.

Tidak semua mobil BMW yang dilukis terjun ke arena balap, tetapi Balderassi telah membuktikan melewati M1, bahwa seni dapat identik dengan balapan.
Advertisement // kode Iklan yang sudah diparse, letakkan disini

Share this

Kumpulan artikel yang didapat dari berbagai sumber yang ada di media online terupdate.

Previous
Next Post »

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.