-->

5 Cara Mengatasi Gatal-Gatal karena Alergi

5 Cara Mengatasi Gatal-Gatal karena Alergi

5 Cara Mengatasi Gatal-Gatal karena Alergi
Dari HELLOSEHAT
BacaGie - Alergi merupakan bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya mesikipun sebetulnya tidak. Alergen alias zat pemicu alergi hanya berakibat pada orang yang mempunyai alergi tersebut. Pada orang lain, alergen tersebut tak bakal memicu reaksi kekebalan tubuh.

Tingkat keparahan alergi juga tak sama-beda pada tiap orang, ada yang mengalami reaksi alergi ringan serta ada yang parah hingga berakibat fatal yang disebut dengan anafilaksis. Apabila Kamu alias orang di kurang lebih Kamu mengalami gatal sebab alergi, simak ulasan postingan berikut ini untuk memberbagi pertolongan pertama.

Bagaimana gatal sebab alergi bisa muncul?


Alergi bisa dikarenakan oleh beberapa faktor penyebab. Alergen merupakan zat asing yang dengan cara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh jadi mengakibatkan reaksi alergi.

Reaksi alergi tak timbul ketika pertama kali tubuh berjumpa dengan penyebab alergi alias alergen. Pada bagian pertama, sistem kekebalan tubuh hanya bakal mengingatnya kemudian membikin antibodi sebagai reaksi. Apabila kulit terus berjumpa oleh alergen selagi sepuluh hari alias lebih, faktor ini biasanya bakal menjadi alergi kulit.

Untuk yang telah mempunyai alergi, dalam hitungan menit para penderita alergi bisa langsung mengalami gejala alergi ketika terpapar alergen. Tetapi, bisa juga gejala baru timbul 1-2 hari seusai terpapar alergen. Pada beberapa permasalahan, alergi bisa memunculkan reaksi yang fatal alias anafilaksis.

Walau jarang terjadi, kami masih butuh waspada terhadap alergi tipe anafilaksis. Tidak hanya kulit memerah, anafilaksis bisa menyebabkan kesusahan bernapas, kram perut, lemas dengan cara tiba-tiba, bengkak pada tenggorokan serta mulut, serta kehilangan kesadaran. Apabila tak segera ditangani, anafilaksis bisa menyebabkan kematian.

Yang wajib diperbuat saat timbul gatal sebab alergi

1. Jangan digaruk

Pertolongan pertama yang paling cocok saat timbul gatal sebab alergi merupakan jangan menggaruknya. Rasa gatal sebab alergi terbukti sangat mengganggu serta tentu membikin Kamu ingin segera menggaruknya. Tetapi jangan perbuat faktor ini untuk kebaikan kulit Anda. Faktor ini justru bakal membikin alergi gatal terus parah bahkan menambah risiko terjadinya infeksi pada kulit.

2. Gunakan salep alias krim pereda gatal

Salep alias krim dengan kandungan hidrokortison bakal meredakan alias mengurangi gatal sebab alergi yang Kamu derita. Kamu juga bisa gunakan Gunakan lotion calamine.

3. Mandilah dengan air dingin

Mandi dengan air dingin bisa mengurangi ruam pada kulit alias Kamu bisa juga memakai kompres air dingin pada kulit yang gatal sebab alergi. Seusai itu, keringkan kulit dengan handuk bersih kemudian gunakan pelembap. Jangan mandi dengan air hangat sebab bisa memperparah gejala alergi kulit.

4. Gunakan pakaian yang longgar serta lembut

Pakaian yang ketat bisa memperkurang baik rasa gatal pada kulit. Kamu bisa memakai pakaian dari bahan katun yang dingin serta enjoy di kulit. Hindari juga pakaian berbahan wol sebab bisa memperparah gatal sebab alergi Anda.

5. Hindari penyebab alergi

Anda bakal mengalami alergi ketika tubuh Kamu terpapar langsung pada alergen. Apabila Kamu telah mengenal penyebabnya, Kamu bisa menghindarinya supaya alergi tak lagi terjadi. Tetapi apabila Kamu sendiri belum mengenalnya dengan pasti, Kamu bisa meperbuatnya dengan tes. Untuk mengenal seseorang mempunyai alergi terhadap benda alias makanan tertentu, butuh diperbuat tes. Tes ini diperbuat dengan memberbagi paparan beberapa alergen dalam jumlah terbatas untuk menonton reaksi tubuh.

Apabila Kamu mengalami gatal sebab alergi, ada baiknya segera konsultasikan terhadap dokter. Hindari menggaruk ruam gatal dengan cara terus menerus sebab bisa berujung pada infeksi kulit serta menghambat proses penyembuhan.
Advertisement // kode Iklan yang sudah diparse, letakkan disini

Share this

Kumpulan artikel yang didapat dari berbagai sumber yang ada di media online terupdate.

Previous
Next Post »

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.