-->

7 Manfaat Ajak Anak Main Diluar tanpa Gadget

7 Manfaat Ajak Anak Main Diluar tanpa Gadget

Anak belajar bersosialisasi
Anak anak utamanya dibawah 10 tahun, masih sangat suka bermain. Di era modern ini tak pelak hiburan yang sangat diminati adalah gadget. Balita 2 tahun pun sudah dapat mengoperasikan tablet dan smartphone.

Karena bermain merupakan kegiatan yang sangat disukai bagi anak-anak. Maka setidaknya sebagai orang tua harus lebih cerdas dalam mengarahkan anak, dalam bermain. Mana mainan yang harus dimainkan oleh anak, dan mana mainan yang tak boleh dimainkan karena tak merangsang kreatifitas, atau mengandung konten dewasa misalnya.

Baca Juga : Cara Sederhana, Agar Anak Suka Menolong Orang Lain

Sebisa mungkin, cobalah hindari gadget dan ajak si kecil bermain di alam terbuka saat akhir pekan. Anak-anak bukan hanya puas bermain mainan yang ada, kegiatan tersebut juga menyimpan banyak kebaikan. Berikut beberapa alasan mengapa Anda wajib membawa anak bermain di luar rumah, seperti yang dilansir familyshare.

1. Anak Bebas Bermain

Salah satu keuntungan bermain di alam bebas anak-anak memiliki kesempatan main dengan sepuasnya. Selain itu, si kecil dapat berimajinasi menjadikan benda-benda dari alam sebagai mainannya.

2. Baik untuk perkembangan otak anak.

Bermain merupakan hal yang penting untuk perkembangan otak anak. Ini salah satu alasan mengapa anak-anak dilahirkan memiliki keinginan dan kemampuan untuk bermain. Taman bermain dirancang untuk berbagai jenis permainan yang berbeda. Sehingga dapat membantu perkembangan otak anak.

Baca Juga : Lakukan Hal ini, Bila Anak Malas Belajar !

3. Menerima vitamin D dari alam

Berada di taman bermain bermanfaat untuk mendorong anak-anak untuk menghabiskan waktu di luar rumah. Di mana mereka bisa mendapatkan banyak udara segar serta vitamin D yang didapat dari paparan sinar matahari pagi, yang sarat manfaat kesehatan. Termasuk membantu si kecil membangun tulang yang kuat.

4. Melatih ketrampilan bersosialisai anak.

Taman bermain biasanya penuh dengan anak sebaya, sehingga memberikan kesempatan anak Anda menghabiskan waktu dengan mereka. Hal ini juga mengajarkan kepada si kecil aturan-aturan sosial dan cara berinteraksi dengan anak lain dari berbagai usia atau yang memiliki kebutuhan khusus. Selain itu, bermain di alam bebas dapat mengembangkan kemampuan bahasa mereka ketika berbicara dengan sesama.

5. Memperbaiki suasana hati anak

Bermain di luar ialah obat pereda stres bagi Anda dan anak-anak. Terkadang perubahan pemandangan dengan mengunjungi taman bermain dapat mengatasi si kecil yang tengah rewel.

Baca Juga : Anak Aktif di Rumah, Tapi Pasif di Sekolah, Ini Alasanya?

6. Mengenalkan anak akan hewan

Taman tidak hanya baik untuk anak tetapi juga menjadi tempat tinggal hewan. Anak-anak dapat mengenal tupai, kadal, burung serta serangga yang ada di taman.

7. Melatih keterampilan motorik

Bermain di luar bagus untuk perkembangan berjalan, memanjat, meluncur, berayun, bermain-main, dan segala macam kegiatan yang mengajarkan keterampilan motorik. Khusus untuk balita, dapat mengajarkan keterampilan motorik. Sementara untuk anak prasekolah dapat menyempurnakan keterampilan mereka.

Satu manfaat besar tentang keterampilan motorik adalah membuat anak bergerak. Inilah yang menjadi "olahraga" bagi mereka, membantu membangun otot, dan mengurangi obesitas.

Kebanyakan orang tua modern saat ini, tak mau ambil pusing. Karena kesibukanya mengajak anak dan terlibat bermain diluar bersama anak, solusi mereka adalah dengan membelikan gadget. Padahal manfaat bermain di luar rumah dan terlepas dari kecanggihan tehnologi tersebut, ternyata lebih banyak manfaatnya.
Advertisement // kode Iklan yang sudah diparse, letakkan disini

Share this

Kumpulan artikel yang didapat dari berbagai sumber yang ada di media online terupdate.

Previous
Next Post »

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.